Tips Merancang Strategi Marketing yang Tepat untuk Pengusaha Jakarta

 In Digital Marketing

Dalam buku Start Your Own Business, staf Entrepreneur Media Inc. memandu Anda melalui langkah-langkah penting untuk memulai bisnis Anda, kemudian mendukung Anda dalam bertahan tiga tahun pertama sebagai pemilik bisnis. Dalam kutipan yang diedit ini, penulis menjelaskan langkah-langkah sederhana yang terkait dengan pembuatan rencana pemasaran untuk bisnis baru Anda.

Semua orang tahu Anda memerlukan rencana bisnis, namun banyak pengusaha tidak menyadari rencana pemasaran juga sama pentingnya. Tidak seperti rencana bisnis, rencana pemasaran berfokus pada memenangkan dan mempertahankan pelanggan. Rencana pemasaran yang bagus menjelaskan semua alat dan taktik yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan penjualan Anda. Ini adalah rencana tindakan Anda, mulai dari apa yang akan Anda jual, siapa yang mau membelinya dan taktik yang akan Anda gunakan untuk menghasilkan prospek yang menghasilkan penjualan.

Berikut ini adalah melihat lebih dekat tentang membuat rencana pemasaran yang berhasil:

1. Fokus pada pasar.

Target pasar Anda harus didefinisikan secara sempit. Anda tidak bisa menyenangkan semua orang. Melakukan hal itu akan benar-benar memberi tekanan lebih pada Anda dan bisa berakibat pada kerugian. Sebuah target pasar fashion brand bisa menjadi siapa saja, tapi harus dipersempit. Anda harus terlebih dahulu memutuskan antara jenis kelamin (pria atau wanita) dan kemudian faktor usia. Semua hal lain dalam rencana Anda pada dasarnya didasarkan pada target audiens Anda. Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah selera dan ketidaksukaan audiens target Anda dan daya beli. Rumusnya terletak pada memilih, membagi dan kemudian menaklukkan.

2. Fokus pada produk.

Hal ini sejalan dengan fokus pada pasar, namun membutuhkan penggolongannya sendiri. Jika Anda menargetkan wanita pekerja berusia 50-an, tawarkan gaun berkualitas, formal dan semi formal. Juga, jelaskan apa yang menjadi kelebihan suatu produk tertentu. Misalnya, jika Anda menawarkan sepatu yang membantu menambah tinggi badan, jelaskan bagaimana cara kerjanya. Produk semacam itu akan mempersempit audiens target Anda ke wanita yang lebih pendek, memungkinkan Anda memasarkannya lebih efektif lagi.

3. Memiliki spesifikasi yang dapat diukur.

Semuanya harus dihitung dan idealnya dalam jumlah yang konkrit. Sertakan semua rincian utama dan mendetail dengan tanggal yang tepat karena garis waktu adalah hal yang penting. Rencana pemasaran yang bagus didorong oleh strategi, namun rincian dan taktik akan memberikan dorongan yang dibutuhkannya. Setiap perencanaan harus menunjukkan hasil setiap aktivitas sehingga mudah mengukur ROI atau Return On Investment. Jika Anda memulai bisnis baru, Anda bisa memiliki rencana pemasaran jangka pendek dan jangka panjang. Kedua rencana ini perlu saling berhubungan. Rencana pemasaran jangka pendek Anda akan membantu Anda mencapai tujuan jangka panjang Anda. Namun, pastikan tujuan Anda bisa dicapai.

4. Akuntabilitas dan tanggung jawab.

Jangan lepas tangan begitu saja dan mengandalkan orang lain untuk melakukan sebuah pekerjaan, terutama dalam kelompok. Pada kenyataannya, terkadang apa yang bisa dicapai sebuah kelompok yang tidak efektif malah lebih sedikit bila dibandingkan dengan apa yang bisa dilakukan seorang individu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, buatlah tugas khusus untuk setiap individu dan minta mereka untuk mengerjakannya. Jaga faktor akuntabilitas dan perhatikan hasilnya untuk memastikan semua individu melakukan usaha terbaik mereka. Pastikan untuk menghargai prestasi yang mereka buat, dan berikan teguran saat terjadi kegagalan dalam memenuhi tujuan yang diinginkan.

5. Revisi dan ulasan.

Kita hidup dalam lingkungan yang dinamis. Rencana pemasaran yang statis tidak akan mampu bertahan. Rencana pemasaran yang bagus akan mencakup segalanya mulai dari menetapkan sasaran hingga mempelajari kinerja dan mengukurnya dalam unit yang dapat dihitung. Semuanya harus ditinjau secara teratur dan direvisi seperlunya.

 

Recent Posts

Leave a Comment